Asian Agri Bersama Tanoto Foundation Melatih Warga Ubah Sampah Menjadi Rupiah

January 3, 2019 Off By lovvdoo

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang langkah Asian Agri bersama Tanoto Foundation dalam melatih warga untuk merubah sampah menjadi rupiah, ada baiknya kita ketahui terlebih dulu informasi lebih lengkapnya mengenai  unit bisnis Sukanto Tanoto itu sendiri.

Asian Agri adalah salah satu produsen minyak sawit terbesar dan terkemuka di Asia, dengan kapasitas produksi per tahunnya yang mencapai sekitar 1 juta ton. Sekarang, Asian Agri mengelola sekitar 27 perkebunan kelapa sawit dan memiliki 20 pabrik pengilangan minyak kelapa sawit. Perusahaan Sukanto Tanoto tersebut memiliki total area perkebunan kelapa sawit sekitar 196 ribu hektar, yang mana sekitar 60 ribu hektarenya dikembangkan oleh petani plasma dengan pola PIR (Perkebunan Inti Rakyat). Ini merupakan salah satu pola kerja sama komunitas yang paling besar dan sukses di Indonesia yang mampu bawa keuntungan ekonomi, serta transformasi sosial bagi 30 ribu keluarga petani plasma yang bertempat tinggal di Sumatra.

Sementara itu, Tanoto Foundation didirikan oleh Sukanto Tanoto bersama istrinya, Tinah Bingei Tanoto, dengan keyakinan bahwa setiap orang memiliki hak yang sama dalam mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan lebih layak. Upaya utama dalam mendapatkan kehidupan yang seperti ini bisa ditempuh dengan pendidikan yang baik. Pendidikan tidak bisa berjalan sendiri, akan tetapi harus didukung pula oleh pemberdayaan yang bisa maksimalkan potensi ekonomi individu, rumah tangga, serta komunitasnya. Lalu pendidikan dan pemberdayaan perlu dukungan dari lingkungan, baik itu berupa infrastruktur atau pun modal sosial, sehingga masyarakat bisa meniingkatkan kualitas hidupnya menjadi yang lebih baik lagi. Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini akan kami informasikan lebih lengkapnya tentang Asian Agri bersama Tanoto Foundation dalam melatih warga untuk merubah sampah menjadi Rupiah. Silakan di simak ulasan lengkapnya.

Asian Agri Bersama Tanoto Foundation Melatih Warga Ubah Sampah Menjadi Rupiah

Salah satu tujuan dari kerja sama antara Asian Agri dengan Tanoto Foundation, bersama BLH atau Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan adalah untuk bisa meningkatkan kreatifitas warga dalam mengubah sampah menjadi rupiah. Caranya adalah dengan melakukan pelatihan pengelolaan sampah yang baik. Sebab, pada dasarnya kebanyakan orang, mungkin termasuk dengan Anda sendiri juga berpikiran bahwa sampah merupakan hal yang kotor dan hanya akan merusak lingkungan. Padahal jika lebih kreatif lagi, sampah tersebut bisa diubah menjadi rupiah.

Oleh sebab itu Asian Agri bersama Tanoto Foundation juga BLH Kabupaten Pelalawan melakukan pelatihan pengelolaan sampah yang baik dan benar. Harapannya agar pelatihan ini nanti bisa meningkatkan kreativitas warga setempat sehingga ke depannya lagi akan lebih banyak pengelolaan sampah. Dengan begitu akan semakin menambah pundi – pundi warga juga. Pelatihan ini pastinya jadi bentuk nyata dari kepedulian perusahaan terhadap warga dan lingkungan secara berkesinambungan. Sebelumnya perusahaan juga sudah memberikan bantuan berupa gudang sampah yang dibangun di tahun 2015 lalu.